Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Jumat, 01 Maret 2013

Macam-Macam Web Browser


Yeah, I'm back agaain... ^^/
Dapat dilihat dari judulnya, kali ini saya akan menjelaskan tentang WEB BROWSER..


Ada yang tahu Web Browser? Web browser ini gak jauh-jauh dari kehidupan kita saat kita mengakses internet... Yuk, kita lihat aja pengertian secara harfiahnya!

1. Pengertian Web Browser


  • Pengertian browser dalam dunia internet adalah software atau alat yang digunakan untuk menjelajah internet. Pengertian browser tersebut sejalan dengan istilah “browse” dalam bahasa inggris yang artinya melihat-lihat atau membaca-baca. Arti browser oleh beberapa kalangan disamakan pula sebagai “perambah” atau penjelajah web.

Jadi fungsi Browser itu sendiri adalah untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dukumen-dokumen yang disediakan oleh web server.
Pengertian web browser secara umum adalah sebuah perangkat lunak / software yang berfungsi untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Dengan web browser kita dapat memperoleh informasi yang disediakan oleh server web.

2. Fungsi Web Browser dan Bagian Utamanya 

Apa yang bisa kita peroleh dari server web?Pada awalnya web browser hanya menampilkan informasi berupa teks namun seiring perkembangan teknologi web browser dapat menyampaikan informasi berupa teks, gambar, video, musik, flash, applet Java dll.
Bagian Utama Web Browser :

  1. Status Bar
Status Bar berfungsi untuk menampilkan informasi proses yang anda lakukan, biasanya menampilkan status transfer data atau menampilkan alamat url yang akan dituju ketika anda menunjuk pada sebuah link. Status Bar kebanayakan berada di bagian bawah web browser.
  2.  Address Bar
Addres Bar berfungsi untuk memasukkan URL/ alamat domain yang akan kita akses.
  3.  Title Bar
Title bar berfungsi untuk menampilkan title dari suatu halaman website.
  4.  Toolbar
Toolbar berfungsi untuk menampilkan icon – icon yang sering kita gunakan, misal icon back, foward, borkmark dll.
  5.  Display Windows
Display windows adalah ruang kerja browser berfungsi untuk menampilkan informasi yang diberikan oleh server web.
  6.  Scroll Bar
Scroll Bar akan aktif ketika lebar dari halaman browser melebihi hight resolusi dari monitor kita sehingga kita dapat melihat halaman secara utuh.

3. Contoh-Contoh Web Browser

Beberapa browser yang cukup terkenal antara lain :
  1. Mozilla Firefox


Mozilla Firefox, adalah sebuah aplikasi untuk browsing yang sangat populer, dibuat oleh Mozilla Corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal, firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
   2. Google Chrome

Google chrome adalah sistem operasi sumber terbuka yang dirancang oleh Google Inc. untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web. Google Chrome OS diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009, dan versi stabilnya akan diluncurkan umum pada paruh kedua tahun 2010. Sistem operasi ini berbasis Linux dan hanya akan berjalan pada pada perangkat keras yang dirancang khusus. Antarmuka penggunanya dirancang mengambil pendekatan minimalis, seperti penjelajah web Google Chrome. Sistem operasi ini ditujukan bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet.
   3. Microsoft Internet Explorer


Internet Explorer adalah sebuah web browser gratis yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft.
Pengertian Internet Explorer juga dapat disebut web browser propieter dan semua versinya gratis namun hanya kompatibel dengan system oprasi windows.Semenjak versi windows XP SP(Service pack) persi dua dirilis. Windows menambah keamanan yang menjadi focus sebagai pengertian internet explorer kepada penggunanya yang membutuhkan berselancar secara aman di dunia maya. 
Microsoft Internet Explorer (biasa disebut IE) pernah menjadi browser yang paling “berkuasa” beberapa tahun yang lalu. Namun belakangan ini popularitasnya tergusur dengan munculnya browser-browser gratis seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome.
   4. Opera

Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux. Opera menerbitkan versi mini untuk pengguna HandPhone, yang pernah mengklaim sebagai browser tercepat didunia.
     5. Safari


Safari adalah sebuah aplikasi browser dari Apple. Browser Safari kini hadir dengan versi 4 Beta dan juga bisa digunakan pada Operating System Windows. Safari 4 Beta juga hadir dengan tampilan yang lebih cantik dan sangat elegant. Dan mereka (Apple) mengklaim bahwa browser Safari sebagai browser yang paling cepat ketika membuka sebuah website, dengan Blazing performance (Nitro Engine) Safari lebih cepat dibandingkan Chrome, Firefox, Internet Explorer dan Opera. Kini Safari 4 Beta hadir dengan 150 feature dan beberapa fitur terbarunya yang membuat Safari layak digunakan.

Nah, itu dia Macam-macam web browser beserta fungsi dan contoh-contohnya.. Semoga bermanfaat~

Sumber: Darimana-mana

0 komentar:

Posting Komentar