Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Minggu, 30 Desember 2012

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Hi, All! :D langsung ke topik ajadeh.. Hehe..

Ya, seperti biasa, saya akan memposting artikel yang berhubungan dengan TIK. Dan kali ini, mau dijelasin tentang beragam perangkat keras jaringan.

Sebelumnya, apa sih yang di maksud dengan perangkat keras jaringan komputer? Perangkat keras jaringan komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer lainnya dalam jaringan untuk tujuan berbagi data, berbagi informasi, serta berbagi peripheral dalam jaringan.


Trus, macam-macam perangkat keras jaringan komputer apa aja? Nah, ini dia beragam Hardware jaringan komputer! Baca selengkapnya, yuk!


  • SERVER
Gambar Server
Server umumnya memiliki sistem operasi, aplikasi, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer- komputer lain dalam jaringan. Database yang terdapat di komputer server biasanya berisi data-data yang digunakan bersama-sama oleh komputer-komputer client. Terkadang database server dibuat terpisah. Jika jaringan terhubung dengan internet, server dapat berfungsi juga sebagai gateway atau gerbang komputer client untuk mengakses internet. 

  • CLIENT
Gambar Client
Client merupakan komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server. Client menerima layanan dari server.

  • KARTU JARINGAN / LAN CARD
Gambar LAN Card
LAN Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat pada jaringan (baik server maupun client). Pada beberapa motherboard juga terpasang LAN Card atau disebut LAN Card On-Board. LAN Card memungkinkan komputer pada jaringan saling berkomunikasi dan mempertukarkan data.

  • HUB
Gambar HUB
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card. Hub juga merupakan tempat berkumpulnya kabel-kabel jaringan. Hub menghubungkan komputer server dengan beberapa komputer client.

  • KABEL DAN KONEKTOR
Gambar Kabel dan Konektor
Terdapat beberapa jenis kabel untuk jaringan. Yang umum digunakan ialah kabel UTP dengan konektor RJ-45.

  • REPEATER
Gambar Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan sehingga sinyal yang diterima dari komputer pengirim, sama dengan kekuatan aslinya. Dengan menempatkan repeater maka jarak antar komputer di jaringan dapat dibuat semakin jauh.

  • BRIDGE
Gambar Bridge
Hub adalah komponen jaringan komputer yang memiliki colokan (port-port), jumlah portnya ini mulai dari 8, 16, 24, sampai 32 port. Pada umunya hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lainnya. Dengan kata lain Hub sama halnya seperti sebuah jembatan yang dapat menghubungkan beberapa kota atau provinsi.

  • ROUTER
Gambar Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Dengan adanya router maka arus data dari satu LAN dapat diisolasi dari arus LAN yang lain. Sehingga arus data tidak bercampur baur dengan arus data dari LAN yang lain. Ada 2 jenis router, yaitu router dedicated (keluaran pabrik) dan router PC (komputer PC yang dibuat menjadi router).

Nah, udah pada tau kan macam-macam perangkat keras jaringan komputer beserta pengertiannya? Hm... semoga bermanfaat ^_^)/ daaah...


Source: Dari mana-mana








0 komentar:

Posting Komentar